Siapakah Rabina Khan ? [Biografi Lengkap]

Oktober 23, 2014

Politikus Muslimah Inggris, Rabina Khan

Sahabat, apakah kalian pernah mendengar nama diatas ? Ya Rabina Khan ?

Ia adalah seorang politikus Inggris yang berhasil menyita perhatian publik dengan gelarnya "Hero of the Year". Jujur saja, topik ini lebih menyita perhatianku ketimbang berita tentang "Malala Yousafzai" seorang gadis cilik yang tertembak tentara Taliban yang beritanya pun penuh dengan kontroversial dan kejanggalan yang nyata.

Lantas siapakah Rabina Khan itu ?
Apa yang menyebabkan ia mendapat gelar Hero of the Year ?

PERJALANAN HIDUP RABINA

Rabina Khan lahir di Bangladesh, 15 September 1972. Rabina adalah anak tertua dari 5 bersaudara. Ayahnya hanyalah seorang pekerja mesin operator di Kent, ayahnya lalu pergi ke Bangladesh untuk menikah. Rabina atau yang biasa dipanggil Khan lalu dibawa ke Inggris saat ia berumur 3 tahun.

Pada tahun 1992, Khan meninggalkan sekolahnya lalu menikah dan pindah ke Tower Hamlets, London bersama suaminya.

PENGALAMAN MENULIS

Pada tahun 2003, ia meluncurkan novel pertamanya yang berjudul Raibow Hands disusul dengan cerpen yang berjudul If Birds Could Fly yang diterbitkan oleh Majalah Channel ke - 4. Pada 2006 ia menerbitkan novel keduanya, Ayesha's Rainbow.

Pada 2004 Khan dianugerahi tempat di Mentoring Skema Kerajaan Sastra Fund dan diminta untuk mengambil bagian dalam Festival Sastra yang Spitafields Wanita. Pada 2005 ia mendapat penghargaan dari Tower Hamlets Civic  

Pada bulan Juni 2005, Khan mendirikan Monsoon Press dengan Rekha Waheed, Dia juga terlibat dalam mengedit antologi, Silent Voices dan Behind the Hijab. Antara Januari 2006 sampai dengan Januari 2008, Khan adalah penulis di Yayasan Central School Girls'

Khan telah bekerja sebagai konsultan kreatif freelance untuk BBC, ITV, Kaya Yayasan Mix Culture dan Wellcome Trust. Dia telah memberikan kontribusi kepada BBC Jaringan Asia dan disampaikan komisi untuk Dewan Kesenian. Pada tahun 2006, Khan muncul menjadi penasihat script untuk Foreign and Commonwealth Office film dokumenter Young, English and Moslem.

Pada bulan Januari 2007, Khan mendirikan perusahaan produksi televisi, Silsila Productions. Sejak tahun 2007, ia menjabat sebagai Direktur Kreatif di Silsila Productions. Pada tahun 2007, ia juga menulis drama Shilpa dan Jade untuk Proyek Pulse Wellcome Trust. Pada tahun 2009, dia menulis skenario Shahid dan Annika, dia menulis dan menghasilkan dua film pendek - The Good Wife, disponsori oleh Sixteen films, dan Shrouded yang ditugaskan oleh London Met Service

PEKERJAAN MASYARAKAT
Khan telah bekerja sebagai pekerja Community Regeneration di Isle of Dogs, Tower Hamlets di East End of London. Dia telah bekerja untuk Tower Hamlets Council di sektor sosial dan pendidikan dan untuk inisiatif regenerasi pemerintah seperti Bethnal Green City. Tantangan mengelola pendidikan dan pemberdayaan proyek untuk wanita dan gadis-gadis muda dari komunitas minoritas etnis. Khan juga telah terlibat dalam inisiatif masyarakat di Tower Hamlets. 

KARIR POLITIK 

Pada bulan Mei 2010, pada pemilu Tower Hamlets Council, Khan sebagai calon Partai Buruh, memenangkan kursi Shadwell nya dimana sebelumnya calon Buruh telah gagal tiga kali menang. Pada bulan Oktober 2010, ia diskors bersama sembilan anggota dewan lainnya dari Partai Buruh untuk dukungan Independen Walikota, Lutfur Rahman, di Tower Hamlets.

Sekarang Khan adalah Anggota Kabinet Perumahan, Pengembangan dan Pembaharuan dengan mengirimkan untuk menyampaikan janji perumahan. 

PENGHARGAAN DAN NOMINASI

Pada tahun 2010, Khan tercantum sebagai  European Muslim Women of Influence Award.
Pada tahun 2014 Khan mendapat penghargaan sebagai "Hero Of the Year" atas kerja kerasnya mempromosikan pemahaman yang baik tentang Islam dan Muslim, serta membangun hubungan yang lebih terbuka antara umat Islam dan masyarakat Inggris. Ia juga aktif dalam kampanye anti-Islamofobia di seluruh Inggris Raya.

KEHIDUPAN PRIBADI

Khan tinggal di Whitechapel, London bersama Ibu mertuanya, suaminya Aminur, dua anak perempuan Zakia (lahir 1995) dan Nabila (lahir 2000)

You Might Also Like

0 comments