Quarter Life Crisis: Antara Hidup dan Mati

Desember 04, 2019

Kamu tahu rasanya terombang ambing di kapal yang berada di tengah laut?
Anggaplah tidak ada badai yang terjadi seperti di adegan film, tapi murni karena ombak lautan yang menolak bersahabat sehingga menghentakmu dengan keras.

Pernahkah kamu merasakannya?

Aku juga belum pernah mengalaminya.
Anehnya, aku seperti akrab dengannya.

Perasaan itu ..
Seperti, kamu berada ditengah ketidakpastian.
Seperti roller coaster mood.
Seperti diantara hidup dan mati.

Seperti quarter life crisis?


Kemudian kamu bertanya-tanya, apa yang salah pada dirimu. Apakah kamu orang aneh, bahkan mulai menduga mengidap penyakit mental tertentu? But babe, isn't it a normal thing? Semua orang pasti pernah mengalami fase ketidakpastian. Bahkan harga emas yang dikatakan selalu naik juga melalui fase tersebut. 

Mengalami mood swing juga normal, terlebih pada perempuan. Perubahan mood dan emosi secara mendadak biasanya dikarenakan hormon didalam tubuh. Tenangkan diri sejenak dan cari aktivitas positif untuk membantu mengembalikan mood kamu.

Namun, jika mood swing sering terjadi dan kamu terus-terusan terjebak di fase yang tidak menyenangkan itu -bahkan sampai mengganggu aktivitas- maka patut dicurigai. Bukan melakukan self diagnosis atau menebak kondisi medis secara otodidak, tapi kamu disarankan meminta bantuan profesional kesehatan seperti psikolog atau psikiater.

Self diagnosis sangat amat tidak disarankan karena dapat memperburuk keadaanmu. Secara tidak langsung, self diagnosis juga dapat menciptakan labelling pada diri seseorang dan menanamkan kepercayaan bahwa kamu benar begitu adanya. 

Dengan bantuan psikolog, kamu akan dibantu meringankan masalahmu. Jangan lupa ceritakan semuanya dengan jujur dan terbuka, karena itu akan melegakan perasaanmu. Kadang, kita hanya butuh didengar kan?

You Might Also Like

0 comments